eJournal Sosiatri-Sosiologi

Fisip Universitas Mulawarman

Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility PT. Mahakam Sumber Jaya Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara (Ifan Bachtian)

Submitted by: Bachtian, Ifan
On: Jan 28, 2016 @ 6:43 AM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal: Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility PT. Mahakam Sumber Jaya Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Pengarang (nama mhs): Ifan Bachtian
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menjelaskan pelaksanaan program Corporate Social Responsibility PT.Mahakam Sumber Jaya dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara serta untuk mengetahui faktor-faktor yang pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility PT Mahakam Sumber Jaya.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lokasi penelitian, dengan menggunakan key informan dan informan sebagai sumber data. Data – data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder melalui wawancara, observasi lapangan, referensi yang berkaitan dengan penelitian ini dan data dari internet. Analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model analisis interaktif yaitu analisis yang terdiri dari beberapa alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan. Dari mulai pengumpulan data, reduksi data atau penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
    Hasil dari penelitian ini, menunjukan pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka mensejahterakan masyarakat desa binaan melalui tiga pilar program yang sudah berjalan dengan baik yaitu bidang pemberdayaan, hubungan masyarakat, dan infrastruktur yang dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan hasil rapat bersama pihak PT. Mahakam sumber Jaya dan Forum Komunikasi Masyarakat (FKM) desa KertaBuana. Adapun factor pendukungnya adalah masih tersedianya dana (CSR) untuk desa binaan yang berlaku selama perusahaan tersebut masih beroperasi diwilayah sekitar tambang. Dalam hal materi perusahaan selalu menyediakan dana 200 juta setiap tahunnya yang pada prosesnya perusahaan dengan masyarakat merumuskan dana tersebut digunakan untuk apa dalam waktu satu tahun kedepan serta didukung oleh masyarakat yang ikut berperan aktif dan berpartisipasi pada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan. Dan yang menjadi Faktor penghambat dalam pelaksanaan Program corporatesocial responsibility (CSR) PT. Mahakam Sumber Jaya adalah masih terdapat kendala – kendala yang dihadapi. Kendala tersebut muncul dari pihak –pihak dalam bentuk organisasi ataupun kelompok – kelompok itu sendiri yang masih kurang disiplin terhadap bantuan yang diberikan, karena terkadang bantuan tersebut dipakai untuk kepentingan financial keluarga. Namun pada pelaksanaan dan pemberiannya sudah berjalan dengan baik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Corporate Social Responsibility, Community Development, Pemberdayaan Masyarakat
  • NIM: 1102035043
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Badruddin Nasir, M.Si ; Dr. Aji Qamara Hakim, S.Sn, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil-1 (01-28-16-06-43-26).doc (212 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil-1ifan pdf (01-28-16-06-43-26).pdf (250 kB)