eJournal Sosiatri-Sosiologi

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI TENTANG PARTISIPASI PEMUDA DALAM KEGIATAN UMUM LANGGAR MIFTAHUL JANNAH DI HANDIL BARU KECAMATAN SAMBOJA KUTAI KARTANEGARA (Studi pada Ikatan Pemuda Langgar Miftahul Jannah) (Rizky Hidayat)

Submitted by: ,
On: May 1, 2019 @ 9:44 PM
IP: 114.125.175.224

  • Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG PARTISIPASI PEMUDA DALAM KEGIATAN UMUM LANGGAR MIFTAHUL JANNAH DI HANDIL BARU KECAMATAN SAMBOJA KUTAI KARTANEGARA (Studi pada Ikatan Pemuda Langgar Miftahul Jannah)
  • Pengarang (nama mhs): Rizky Hidayat
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Partisipasi Pemuda dalam Pelaksanaan Kegiatan Umum Langgar Miftahul Jannah di Kelurahan Handil Baru Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (studi pada Ikatan Pemuda Langgar Miftahul Jannah). Keanggotaan Ikatan Pemuda Langgar Miftahul Jannah Handil Baru Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dalam parisipasi bentuk tidak nyata dan bentuk nyata dalam setiap kegiatan umum langgar Miftahul Jannah mempunyai lebih dan kurangnya, pada partisipasi dalam bentuk tidak nyata keanggotaan Ikatan Pemuda Langgar masih kurang dalam pemberian pendapat dan saran dalam kegatan rapat. Hanya sedikit pemuda dari keanggotaan saja yang memberikan pendapat dan saran, lainhalnya dengan partisipasi dalam bentuk nyata, pada hal ini partisipasi para anggota terlihat lebih baik sebab disetiap pelaksanaan kegiatan keanggotaan berpartisipasi hampir keseluruhan, Hal tersebut sesuai dengan konsep dari Josef Riwu Kaho tentang partisipasi dibagi dalam 4 jenjang yaitu partisipasi dalam perencanaan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam pemanfaatan hasil dan partisipasi dalam evaluasi. Dimana keempat jenjang partisipasi tersebut dalam masalah partisipasi pemuda dalam kegiatan umum langgar Miftahul Jannah (studi pada Ikatan Pemuda Langgar) tersebut memiliki nilai lebih dan kurangnya masing masing Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah suatu pendekatan penelitian yang mengungkapkan situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah. Keanggotaan Ikatan Pemuda Langgar Miftahul Jannah Handil Baru lebih banyak menyumbangkan tenaga, adapun yang menyumbangkan material hanya beberapa anggota saja dan dari beberapa kegiatan, keanggotaan Ikatan Pemuda Langgar menyumbangkan Uang dalam bentuk sumbangan kas perminggu dan sumbangan suka rela dari masing masing pemuda. Saran pemuda Ikatan Pemuda Langgar Miftahul Jannah pada kegiatan umum langgar Miftahul Jannah seperti yang disampaikan oleh pengurus Langgar Miftahul Jannah, keanggotaan menyarankan untuk diadakannya renovasi pada langgar Miftahul Jannah khususnya pada bagian halaman dan pagar langgar Miftahul Jannah. Namun dalam proses rapat yang diselenggarakan keanggotaan masih sangat kurang dalam pemberian pendapat serta saran, pemuda atau keanggotaan lebih pada sepakat dan ikut apa yang disampaikan oleh ketua, pejabat desa, serta masyarakat dan tokoh masyarakat. Dari hal itu dapat dikatakan partisipasi dalam bentuk tidak nyata masih sangat kurang, lalu dalam bentuk nyata partisipasi dari pemuda dapat dikatakan baik namun perlu adanya peningkatan lebih.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Partisipasi, Pemuda, Kegiatan umum, Kegiatan langgar
  • NIM: 1302035135
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Badaruddin Nasir, M. Si, Sarifudin, S.sos. M. Si
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 7
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap (05-01-19-09-44-08).doc (126 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap (05-01-19-09-44-08).pdf (815 kB)