eJournal Sosiatri-Sosiologi

Fisip Universitas Mulawarman

Demo Site


INTRAKSI ANTARA SAHABAT DENGAN ODHA (ORANG DENGAN HIV AIDS) (STUDI PADA YAYASAN LARAS KELURAHAN GUNUNG KELUA KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA) (Muhammad Muhtiar )

Submitted by: ,
On: Aug 9, 2016 @ 8:00 AM
IP: 36.84.231.116

  • Judul artikel eJournal: INTRAKSI ANTARA SAHABAT DENGAN ODHA (ORANG DENGAN HIV AIDS) (STUDI PADA YAYASAN LARAS KELURAHAN GUNUNG KELUA KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA)
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Muhtiar
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Interaksi anatara sahabat dengan ODHA Yaitu ODHA atau Orang Dengan HIV/AIDS lebih suka bersama sahabatnya yang mengerti ODHA. Dan sahabatnya berinteraksi dengan ODHA seperti orang nolmal sebagai mana mestinya, seperti kontak fisik yaitu berjabat tangan, saling memberi makanan saat bercakap-cakap yang membuat ODHA nyaman dalam kehidupannya sehari-hari. Karena sahabatnya paham tetang penyakit HIV AIDS dari latar belakang ini peneliti tertarik untuk menelitinya.
    Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui interaksi antara sahabat dengan ODHA dan Untuk mengetahui faktor-faktor interaksi antara sahabat dengan ODHA di yayasan laras kelurahan gunung kelua kecamatan samarinda ulu kota samarinda. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif yaitu dari sumber Moleong, 2006 berupa kata-kata tertulis maupun lisan yang berasal dari ODHA dan sahabat ODHA yang memperdalam interaksi antara sahabat dengan ODHA dalam faktor-faktor interaksinya. Sumber data dan pegumpula data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder yaitu Tanya jawab atau wawancara langsung dan dipandu melalui pertanyaan-pertanyaan kepada informan. Informan dalam penelitian ini adalah ODHA dan sahabat ODHA yang merespon dan menjawab pertanyaan penelitian secara lisan, sedangkan data skunder diperoleh dari studi kepustakaan melalui buku-buku, majalah, Foto, Dokumentasi yang berkaitan dengan interaksi atara sahabat dengan ODHA.
    Hasil dari penelitian ini adalah interaksi antara sahabat dengan ODHA yaitu meliputi faktor-faktor simpati, imitasi, sugesti, identifikasi antara sahabat dengan ODHA. Dari penelitian ini interaksi antara sahabat dengan ODHA membahas tentang pekerjaan, ekonomi, percintaan dan masalah pribadi tergantung topik yang dibicarakan. Begitu pula simpati berupa rasa kepedulian antara sahabat dengan ODHA serta Pemeritah dan Yayasan Laras yang telah memberikan dukungan moral serta pelayanan kesehatan kepada ODHA dan sahabatnya, sedangkan imitasi proses peniruan antara sahabat dengan ODHA dari hal prilaku positif yaitu dari hal ketegasan dan negatif, selanjutnya sugesti yang saling memberikan contoh hal antara sahabat dengan ODHA contohya taat beribadah, identifikasi kesamaan prilaku antara sahabat dengan ODHA seperti pendapat yang sama dan pemikiran yang sama dalam mengambil keputusan dalam masalah keluarga, pekerjaan, ekonomi, sosial. Berdasarkan interaksi antara sahabat dengan ODHA dapat disimpulkan bahwa ODHAberiteraksi dengan sahabatnya sama pada manusia pada umunya dan membuat ODHA nyaman berinteraksi dengan sahabatnya. Saran untuk sahabat ODHA, Pemerintah, Yayasan Laras lebih sering memantau atau menangani bahaya yang rentan peyakit HIV AIDS disetiap daerah. Serta kesehatan ODHA dari segi fisik maupun kejiwaannya dan sosialnya. Selanjutya ODHA memberikan bersosialisasi dengan masyarakat untuk membagikan ilmu pegetahuan penyakit HIV AIDS. Masyarakat seharusnya bisa menerima keadaan ODHA dan orang terdekat ODHA.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): interaksi, ODHA, sahabat ODHA, HIV/AIDS
  • NIM: 0902035029
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Sosiologi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. H. Massad Hatuwe, M.Si ; Dra. Hj. Erni Asneli Asbi, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 4
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 02_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap-1 (08-09-16-08-00-39).doc (125 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 02_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap-1 (08-09-16-08-00-39).pdf (96 kB)