eJournal Sosiatri-Sosiologi

Fisip Universitas Mulawarman

STRATEGI WANITA KARIR DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI KELUARGA (Studi pada PNS Wanita yang telah Berkeluarga di Kementrian Agama Kota Bontang) (Rizky Aulia Mardinah)

Submitted by: ,
On: Dec 7, 2018 @ 1:41 AM
IP: 36.75.89.129

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI WANITA KARIR DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI KELUARGA (Studi pada PNS Wanita yang telah Berkeluarga di Kementrian Agama Kota Bontang)
  • Pengarang (nama mhs): Rizky Aulia Mardinah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Strategi Wanita Karir dalam Melaksanakan Fungsi Keluarga (Studi pada PNS wanita yang telah berkeluarga di Kementrian Agama Kota Bontang). Wanita yang telah menikah dan memiliki anak berperan penting dalam sebuah keluarga, mereka memegang peranan domestic untuk mengurus kebutuhan rumah tangga, pada saat ini wanita tidak hanya memiliki peran sebagai seorang ibu rumah tangga, lebih luas lagi mereka turut andil dalam dunia kerja, salah satunya sebagai seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil). Oleh karena itu dibutuhkan adanya strategi agar dapat menyeimbangkan peran sebagai seorang ibu rumah tangga dan sebagai seorang pekerja, berdasarkan data bahwa jumlah PNS yang berjenis kelamin Wanita di Kota Bontang lebih tinggi di bandingkan dengan PNS yang berjenis kelamin Pria, oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ‚ÄúStrategi Wanita Karir dalam Melaksanakan Fungsi Keluarga (Studi pada PNS Wanita yang Telah Berkeluarga).Tujuan peneliti adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis strategi wanita karir dalam melaksanakan fungsi keluarga di Kementrian Agama Kota Bontang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah strategi wanita karir dalam melaksanakan fungsi keluarga di Kementrian Agama Kota Bontang dilihat dari lima strategi yaitu strategi ekonomi, strategi pendidikan, strategi afeksi, strategi sosialisasi dan strategi religius. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori structural fungsional menurut Robbert K Merton. Penentuan subyek menggunakan metode purposive sampling yaitu pengambilan sumber data melalui pertimbangan tertentu yakni yang dianggap paling tahu dengan pertimbangan mendapatkan data yang lebih lengkap. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat lima fokus penelitian yang digunakan sebagai sebuah cara wanita karir dalam melaksanakan fungsi keluarga. Dapat diketahui bahwa setiap wanita karir memiliki cara masing masing agar tetap melaksanakan fungsi keluarga dengan baik. Strategi Afeksi berkaitan dengan cara yang dilakukan dalam menciptakan rasa nyaman saling peduli dan menyayangi dalam keluarga, Strategi sosialisasi berkaitan dengan cara yang dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai peran secara utuh dalam kehidupan bermasyarakat Strategi ekonomi merupakan cara yang dilakukan seorang wanita karir dalam memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan, serta memekanisme pendapatan dan pengeluaran dalam rumah tangga, Strategi Perawatan Kesehatan merupakan cara yang dilakukan wanita karir upaya yang dilakukan untuk memelihara kesehatan semua anggota keluarga. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa wanita karir selalu berusaha melaksanakan fungsi keluarga dengan baik, selalu menyempatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, dan adanya peran pengganti dalam melaksanakan fungsi sosialisasi di rumah wanita karir.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, Wanita Karir, Fungsi, Keluarga
  • NIM: 1402035025
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, M.S, Drs. Badruddin Nasir, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 6
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap (12-07-18-01-41-20).doc (113 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap (12-07-18-01-41-20).pdf (810 kB)