eJournal Sosiatri-Sosiologi

Fisip Universitas Mulawarman

PERAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN ANAK SDN 002 LUMBIS OGONG KABUPATEN NUNUKAN (YANTO)

Submitted by: ,
On: Sep 6, 2017 @ 1:50 AM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal: PERAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN ANAK SDN 002 LUMBIS OGONG KABUPATEN NUNUKAN
  • Pengarang (nama mhs): YANTO
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Pembangunan seperti diketahui adalah suatu proses pembaharuan, dalam arti suatu proses yang terus menerus, Pemerintah Republik Indonesia mulai melaksanakan pembangunan nasional yang merata dan menyeluruh dalam setiap sektor dan bidang kehidupan rakyatnya, dengan adanya otonomi daerah rakyat baru merasakan dampak dari pembangunan tersebut. Suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah kenyataan bahwa sekolah adalah suatu lembaga resmi yang bertugas untuk menyiapkan tenaga kerja yang memenuhi persyaratan tersebut diatas yaitu terampil, sehat jasmani dan rohaninya. Penelitian ini berupa deskriptif analitis. Penelitian ini melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskripsi, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistimatis. Subjek penelitian sebanyak empat orang yang dijadikan informan. Metode analisis data yang adalah analisis model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian menunjukan peran pelaksana UKS sebagai pendidik memberikan penyuluhan tentang kebersihan badan, pakaian, dan cara menggosok gigi kurang berjalan dengan baik dan perlu terus dilakukan tindakan yang lebih lagi dalam memberikan penjelasan kepada murid. Sebagai pengontrol dalam mengawasi kegiatan pendidikan kesehatan yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan sekolah, sudah terlaksana dengan baik. Sedangkan murid yang ditunjuk sebagai dokter kecil belum sepenuhnya bisa mengontrol teman-teman disekolah. Sebagai teladan telah menunjukkan teladan bagi murid-muridnya, karena tidak ada guru yang merokok. Sedangkan dokter kecil belum menunjukkan sikap teladan bagi teman-temannya dalam berpakaian. Pengenalan hidup sehat dengan memberikan pengetahuan hidup sehat dimana penerapan pentingnya pengetahuan hidup sehat di SDN 002 Lumbis Ogong belum pernah diadakan sosialisasi mengenai hidup sehat bagi siswa, sanitasi masih sangat kotor, masih banyak sampah berserakan. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang dilakukan dokter kecil yang berada di SDN 002 Lumbis Ogong belum mampu melakukan tugasnya sebagai dokter kecil dengan baik, dikarenakan keterbatasan keterampilan dan pengetahuan akan P3K. Usaha Bina Lingkungan Sekolah Sehat dimana kebersihan halaman sekolah SD Negeri 002 Lumbis Ogong masih sangat kotor, begitu juga halnya dengan kebersihan kelas masih belum terjaga kebersihannya, terlebih lagi WC yang digunakan tidak ada pewangi ruangan, wc dalam keadaan bau dan kotor. Kebersihan kantin SD Negeri 002 Lumbis Ogong sudah terjamin hanya saja ada lalat ketika musim hujan akibat sampah bungkus makanan ringan dari anak-anak yang belum dibersihkan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, Usaha,Kesehatan, Sekolah
  • NIM: 1202035054
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Sosiologi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. H. Massad Hatuew, M.Si, Dra. Lisbet Situmorang, M. Si
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil-1 – Copy (09-06-17-01-50-38).doc (127 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil-1 – Copy (09-06-17-01-50-38).pdf (80 kB)