eJournal Sosiatri-Sosiologi

Fisip Universitas Mulawarman

Demo Site


EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 016 SUNGAI KUNJANG SAMARINDA (Ari Kusela Wardani)

Submitted by: ,
On: Aug 26, 2017 @ 7:14 AM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal: EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 016 SUNGAI KUNJANG SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Ari Kusela Wardani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan program pendidikan inklusif di sekolah dasar negeri 016 sungai kunjang samarinda sudah tepat atau tidak, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan program pendidikan inklusif.Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif degnan pendekatan metode evaluasi model raise-l serta didukung dengan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan tabulasi tunggal yang bertujuan untuk memperlengkap data serta mengetahui hasil dari evalusi suatu program yang sedang berjalan. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini yaitu purposive sampling, sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan inklusif belum maksimal dengan belum adanya modifikasi kurikulum untuk siswa berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah inklusif serta kurangnya perhatian pemerintah dalam penyelenggaraan program pendidikan inklusif dan kurangnya tenaga pengajar khusus yang berkompeten dibidangnya untuk mengajar di kelas inklusif. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program inklusif ialah kurangnya fasilitas dan ruangan khusus bagi anak berkebutuhan khusus. Faktor pendukung ialah sekolah membuka kesempatan bagi anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang sama seperti anak normal lainnya ditambah tingginya kesadaran orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus untuk menyekolahkan anaknya di sekolah inklusif yang berada dilingkungan anak normal sehingga membuat kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus meningkat dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pendidikan Inklusif, Evaluasi Program Pendidikan, Anak Berkebutuhan Khusus
  • NIM: 1102035051
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dra. Hj. Erni Asneli Asbi, M.Si., Dra. Lisbet Situmorang, M. Si
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap-1 – Copy (08-26-17-07-14-36).doc (104 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap-1 – Copy (08-26-17-07-14-36).pdf (78 kB)